PADANG EXOTRIP

Kelok 9 Sumatera Barat

KELOK 9 SUMATERA BARAT

Kelok 9 Sumatera Barat – Sudah pernah ke Sumatera Barat? Atau merencanakan perjalanan wisata ke Sumatera Barat? Pastikan Kelok 9 Sumatera Barat ada dalam list kunjungan wisata anda ke Ranah Minang yang terkenal dengan alam nya yang indah dan adat istiadatnya masih di pegang kuat oleh masyarakatnya

Kelok 9 Sumatera Barat – Nama kelok 9 sendiri mengacu pada Sembilan tikungan jalan yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju provinsi Riau. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam, Panjang keseluruhan jembatan yang dibangun sekitar 2.537 meter, terdiri dari 6 jembatan dengan Panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam , yaitu cagar alam Air Putih dan cagar alam Harau yang membentang sepanjang 300 meter di jorong ulu air, nagari harau / kenagarian persiapan ulu air, kecamatan Harau, kabupaten Lima Puluh Kota.

Kelok 9 Sumatera Barat – Jembatan ini ditopang oleh 30 pilar tinggi, yang berjarak sekitar 80 meter dan tingginya 58 meter. Jalan Kelok 9 ini pertama kali dibangun pada masa pemerintahaan Hindia Belanda antara tahun 1908 – 1914 dan bukit barisan yang memanjang dari utara ke selatan pulau Sumatera dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dari pelabuhan Emma Haven (teluk bayur) ke wilayah timur.

Kemudian pada tahun 2003 dimulai pembangunan jembatan layang Kelok 9 atas usulan dari kepala dinas prasarana jalan Sumatera Barat Ir. Hediyanto W.Husaini yang dikelola langsung oleh PT Waskita Karya (persero) Tbk dan selesai pembangunan pada tahun 2013 lalu dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu Kelok 9 juga berfungsi sebagai jalan penghubung antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau dalam rangka distribusi barang maupun pergerakan masyarakat. Kelok 9 ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib masuk ke dalam list destinasi perjalanan ke Sumatera Barat bagi wisatawan yang menyukai keindahan alam dan Petualangan.

Kelok 9 terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Saat melewati kelok 9 pengunjung akan disambut langsung  oleh pemandangan hutan yang masih alami serta pegunungan yang menjulang tinggi yang terlihat indah dan asri sehingga membuat siapa saja yang melewati akan terpesona melihat keindahannya, selain pemandangan alam yang indah , kelok 9 juga memiliki design arsitektur yang cukup unik dan menarik yang berkelok membentang di sepanjang jalan, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan kaki di sekitar area kelok 9 sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

Lokasi ini juga menyediakan berbagai spot foto dengan latar belakang panorama alam indah, pengunjung bisa mengabadikan foto jalan berliku, jembatan, dan pepohonan yang hijau subur yang mengelilingi kelok 9, wisatawan juga dapat beristirahat disini sambal menikmati jagung bakar yang banyak dijual disekitar tempat peristirahatan Kelok 9. Para wisatawan dapat mengabadikan momen – momen tak terlupakan di sini.

Pada malam hari jembatan ini diterangi lampu – lampu indah yang menghiasi sepanjang ruas jalan. Lampu – lampu di jembatan menciptakan kontras yang indah dengan langit yang gelap, dan menawarkan perspektif unik kelok 9. Serta lampu – lampu kendaraan yang berkelip – kelip mengikuti tikungan jalan yang menantang, cahaya dari kendaraan dan pemukiman di sekitar kelo 9 menciptakan pemandangan yang indah. Pengalaman ini memberikan suasana romantis dan tenang bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di malam hari.

Untuk berkunjung ke Kawasan Kelok 9 anda bisa pergi sendiri dengan charter mobil atau bisa juga mengambil jasa paket tour dari salah satu travel agent terbaik di Sumatera Barat dengan pilihan objek – objek wisata menarik lainnya yang berada di Sumatera Barat

Hubungi Kami
Verified by MonsterInsights